Meng-onlinekan localhost dengan VPS Gratis ngadem.in

ngadem.in adalah salah satu proyek hobi saya di penghujung tahun 2021. Sebuah layanan VPS (Virtual Private Server) berbagi dengan konsep virtual host dan berbasis Docker Container. Artinya hanya memiliki satu alamat IP publik statis untuk semua dan setiap instance yang dibagikan adalah Docker Container.

Stack yang saya gunakan awalnya adalah Docker pastinya, dan Traefik proxy untuk me-route HTTPS dari luar ke masing-masing instance di port 80 berdasarkan header Host. Penggunaan header Host ini sama seperti dengan yang dilakukan oleh Cloudflare. Semua browser minimal HTTP/1.1 dapat dipastikan membawa header ini.

Traefik sangat menarik untuk dipelajari. Tetapi saya memutuskan untuk menulis reverse proxy sendiri dengan Swoole. Tujuannya adalah agar saya lebih mudah mengatur banyak hal secara programatik yang sulit dilakukan jika menggunakan middeware dari Traefik, atau secara konfigurasi menggunakan HTTP reverse proxy lain seperti Nginx. Saat itu saya hanya menginginkan dua hal, yaitu kemampuan membatasi konkurensi pada masing masing instance agar jika salah satu instance mengalami serangan HTTP DDoS, tidak akan mengganggu instance lain, sehingga lebih fair. Dan juga kemampuan untuk mengubah host / custom domain, tanpa harus menginterupsi layanan.

VPS ngadem.in berfokus pada deployment aplikasi web. Kita bisa memanfaatkannya misal untuk demo proyek secara online, walaupun terinstal di localhost dan tidak memiliki alamat IP publik. Cocok untuk freelancer seperti saya.

Layanan seperti ini tentu bisa kita dapatkan di ngrok.com, atau tempat lain. Bedanya adalah ngadem.in tidak membatasi hanya 40 koneksi permenit. Sehingga diharapkan lebih nyaman. Juga mendukung custom domain secara gratis. Dengan syarat sudah punya domain sendiri. Jika tidak, anda bisa menggunakan subdomain yang disediakan oleh ngadem.in

Untuk mengonlinekan localhost, caranya adalah menggunakan SSH reverse tunneling, yang bisa anda baca di FAQ ngadem.in di https://cloud.ngadem.in/faq.

Selain itu, anda bisa bereksperimen di VPS ngadem.in. Karena saat ini hanya menggunakan image Alpine Linux, syaratnya anda harus membaca dokumentasi Alpine Linux, misal jika menginginkan menginstal aplikasi di VPS (ini cukup mudah). VPS ngadem.in menurut saya pribadi juga cukup worth it untuk sarana belajar bagi teman-teman yang masih pemula.

Jika tertarik silahkan buat saja instance anda di https://cloud.ngadem.in

Jika hanya penasaran dimana lokasi server induk yang saya gunakan. Tidak perlu repot mendaftar dan melakukan benchmark. Server yang saya gunakan saat ini ada di Falkenstein, Jerman. Provider yang saya gunakan adalah Hetzner dengan koneksi hanya 1Gbps. Mengapa saya memilih Hetzner? Ya karena performance to price ratio paling bagus dari layanan lain yang pernah saya coba.

Semoga bermanfaat.

ngademin