Username - Bagaimana sebaiknya membuat username?

Di era digital seperti sekarang ini saya melihat ternyata masih banyak generasi muda yang terkesan asal-asalan dalam membuat username (nama pengguna). apakah itu username? sederhananya, username adalah tanda pengenal yang membedakan seseorang dengan orang lain (bersifat unik). username umumnya digunakan untuk login ke suatu sistem menggunakan kata sandi yang terkait dengan username tersebut.

Bagaimana sebaiknya membuat username?

1. Tidak menggunakan spasi.

Spasi mungkin bisa menimbulkan masalah interkompatibilitas. Maka seorang programmer umumnya tak mengijinkan username dibuat dengan spasi. Sebagai orang awam cukup biasakan hindari spasi dalam membuat username.

2. Tidak menggunakan karakter aneh-aneh.

Seperti poin #1, karakter / simbol aneh juga bisa menimbulkan masalah interkompatibilitas. Hindari penggunaan seperti tanda petik ('), atau simbol unicode misal ♡. Karakter yang masih diperbolehkan umumnya underscore (_) atau titik (.). Contoh: john_doe, john.doe

3. Biasakan menggunakan alfabet lowercase (a-z).

Walaupun kemungkinan bisa menggunakan uppercase (A-Z), menggunakan lowercase cenderung lebih diterima di sistem manapun.

4. Boleh menggunakan angka namun sebaiknya didahului alfabet.

Contoh: zer0, kid1412

5. Menggunakan kombinasi huruf yang mudah diingat.

Username seperti akoeeekerreen mungkin valid tetapi akan susah diingat. "username-ku akoe keren; a-k-o, e-nya tiga, k-e, r-nya dua, e-nya lagi dua, n." *halah

Apalagi ya? Silahkan tambahkan via komentar dibawah.

#Umum