Kupas Tuntas Manipulasi String di PHP

Di komunitas PHP terutama di Indonesia, ternyata banyak sekali teman-teman yang sudah bisa menggunakan framework PHP dengan baik. Namun, untuk melakukan hal dasar pada string kadang kala masih kesulitan. Ini adalah ironi. Bisa dibilang bahwa mereka sudah bisa berlari, tetapi tidak bisa merangkak.

Kuncinya sebenarnya sederhana, kenali semua Fungsi String di http://php.net/manual/en/ref.strings.php. Tidak harus hafal dulu tidak apa-apa. Minimal tahu apa yang bisa dilakukan dengan fungsi-fungsi itu. Dengan mengetahui karakteristik tiap-tiap fungsi, suatu saat akan teringat ketika dibutuhkan. Tinggal buka manual lagi. Semakin banyak yang kita tahu, maka akan lebih memungkinkan kita untuk menemukan solusi yang tepat untuk setiap permasalahan tentang manipulasi string di PHP. Semakin kita sering bolak-balik manual, nanti akan hafal dengan sendirinya. Terutama pada fungsi-fungsi yang umum atau sering digunakan. Meskipun sudah hafal, saya sarankan untuk tetap membaca manual. Barangkali ada fungsi yang sudah deprecated, dihapus atau mengalami perubahan tingkah laku. Praktik seperti ini juga berlaku pada pemrograman lain selain PHP. Sebagai tambahan, kenali juga semua Fungsi Array di http://php.net/manual/en/ref.array.php. Karena string dan array ini berhubungan erat. Menguasai manipulasi string adalah fundamental di PHP dan akan bermanfaat buat anda untuk jangka panjang.

Saya akan mencoba mengupas penggunaan fungsi-fungsi string dari A sampai Z dengan berbagai kasus dan variasi solusi. Selalu cek halaman ini karena akan selalu diperbarui.

1. 2.