[ Text ]

Membuat Server Kamera di Linux

Karena ada beberapa rongsokan laptop di tempat saya, saya mencoba mengambil bagian webcam untuk dimanfaatkan sebagai USB Camera. Ini memungkinkan karena kamera pada laptop sejatinya terhubung melalui interface USB, secara internal. Sehingga bisa diubah menjadi perangkat yang berdiri sendiri / Kamera dengan Kabel USB, dengan sedikit penyesuaian. Karena webcam internal laptop membutuhkan tegangan 3.3V bukan 5V seperti USB standar.

USB Webcam

Setelah kamera USB jadi, saya terpikir untuk membuat server kamera sederhana di Linux.

Singkatnya, cara paling simple adalah menggunakan motion. Program kecil ini biasanya sudah tersedia di repository dan tinggal install. motion adalah program tanpa GUI yang jika dijalankan akan membuat server dengan port 8081 (standar). Bisa diakses melalui web browser yang mendukung MJPEG, atau media player. Misal: http://127.0.0.1:8081.

Setelah menginstall motion, kadang ada kendala kecil sehingga perlu penyesuaian config motion di /etc/motion/motion.conf agar kamera server berfungsi dengan baik. Untuk alternatifnya, saya sudah membuat iso bootable dengan motion yang bisa langsung jalan setelah boot. Bisa diinstall, atau sekedar live, bisa juga dilihat confignya. Untuk nama loginnya adalah "tux". Jika ingin masuk sebagai root silahkan ketikkan "su" lalu masukkan password "root". Selain motion, saya sertakan juga didalamnya webserver lighttpd dengan PHP di port 80.

** Download ISO Bootable Motion + PHP Server (26 MB) **