[ Normal ]

HTML meta charset, Apa Fungsinya?

Character Encoding
Sebuah file teks yang tersimpan dalam mesin / komputer sebenarnya adalah susunan unik dari bytecode. Satu karakter / huruf dengan character encoding ASCII terdiri dari 8 bit atau 1 byte. Sedangkan UTF-8 adalah multibyte, yaitu satu karakter bisa terdiri dari 1 byte atau lebih. UTF-8 menggunakan 1 hingga 4 byte.


Dari sini dapat kita ketahui bahwa sebuah file dengan susunan multibyte jika dibaca dengan encoding ASCII pasti akan tampil tidak sebagaimana mestinya. Karena pasti ada karakter dengan 2 byte atau lebih yang dibaca dengan mode 1 byte sehingga akan "terpotong".

<meta charset="utf-8">


Meta charset pada file HTML menunjukkan kepada browser agar membaca file tersebut dengan character encoding yang ditentukan. Jika file HTML yang kita buat berisi karakter diatas range ASCII, misal simbol € (euro),  maka sebaiknya menggunakan charset UTF-8. Jika ingin menggunakan ASCII atau ISO-8859-1 maka perlu mengubah simbol euro ke Character Reference, seperti &euro; (entity reference), &#8364; (numeric reference) atau &#x20AC; (hexadecimal reference).

Memahami character encoding adalah langkah esensial dalam pemprograman.