[ Text ]

HTML meta charset, Apa Fungsinya?

Character Encoding

Sebuah file teks yang tersimpan dalam mesin / komputer sebenarnya adalah susunan unik dari bytecode. Satu karakter / huruf dengan character encoding ASCII terdiri dari 8 bit atau 1 byte. Sedangkan UTF-8 adalah multibyte, yaitu satu karakter bisa terdiri dari 1 byte atau lebih. UTF-8 menggunakan 1 hingga 4 byte.

HTML meta charset, Apa Fungsinya?

Dari sini dapat kita ketahui bahwa sebuah file dengan susunan multibyte jika dibaca dengan encoding ASCII pasti akan tampil tidak sebagaimana mestinya. Karena pasti ada karakter dengan 2 byte atau lebih yang dibaca dengan mode 1 byte sehingga akan "terpotong".

  1. <meta charset="utf-8"> 

Meta charset pada file HTML menunjukkan kepada browser agar membaca file tersebut dengan character encoding yang ditentukan. Jika file HTML yang kita buat berisi karakter diatas range ASCII, misal simbol € (euro), maka sebaiknya menggunakan charset UTF-8. Jika ingin menggunakan ASCII atau ISO-8859-1 maka perlu mengubah simbol euro ke Character Reference, seperti &euro; (entity reference), &#8364; (numeric reference) atau &#x20AC; (hexadecimal reference).

Memahami character encoding adalah langkah esensial dalam pemprograman.