Hal-hal yang saya lakukan setelah install Centos 7

Berikut adalah hal-hal yang saya lakukan setelah menginstall Centos 7 (versi Gnome)


Mungkin tidak banyak orang yang menggunakan Centos 7 untuk PC atau laptop nya. Centos umumnya dipakai oleh webhosting yang menggunakan CPanel. Centos identik dengan server. Namun sebenarnya mampu digunakan untuk workstation. Paket di Centos memang lebih sedikit ketimbang distro yang lain seperti Debian, OpenSuse, Arch, dll. Paket yang sering digunakan untuk keperluan workstation terdapat di EPEL repository. EPEL (Extra Packages for Enterprise Linux) ini compatible dengan Fedora dan RHEL (Red Hat Enterprise Linux). Karena Centos sebenarnya adalah RHEL namun hanya dihilangkan branding / atwork RHEL nya. EPEL repository compatible dengan Centos. Menurut saya EPEL repository ini wajib ditambahkan untuk keperluan workstation.

$ sudo yum install epel-release

epel-release adalah paket dari repository @extras yang akan menginstall 'sources list' EPEL di:

/etc/yum.repos.d/epel.repo
/etc/yum.repos.d/epel-testing.repo

Saat menggunakan perintah yum kadang yum sedang di-lock "Another app is currently holding the yum lock; waiting for it to exit... The other application is: PackageKit"

Karena saya tidak menggunakan PackageKit. Saya matikan saja:

# systemctl mask packagekit

Nah sekarang saya ingin app GUI alternatif dari Synaptic Package Manager yang ada di Debian. Namanya Yum Extender. App ini berbasis python dan sangat lambat dibanding Synaptic. Namun belum nemu alternatif lain yang lebih baik. Karena sudah menginstall epel-release atau menambahkan EPEL repository, langsung saja:

$ sudo yum install yumex

Bersambung...